Jan 6, 2012

Tanpa perhitungan

Ahh sumpah deh, yang pernah gw bilang jualan gambar apalah itu, sepertinya gue rugi banget bikin gituan, pertama gw mikir kan cuma buat iseng iseng doang..

tapi setelah gw lyt biaya tinta, biaya laminating yang mahalnya sejigong dan 1001 alasan lain..
gw jadi langsung hopeless dan ada niat menutup usaha ini...

oke, salah gw juga sih, print nya gede gede se kudanil gitu, harusnya gw sama ratain aja, pokoknya paling gede 8x9 cm..

Padahal gue uda hepi ngejalanin 'bisnis' ini, pertamanya ada kendala gede banget.. laminating mahal book
cuma dapet advice dari temen n sodara, beli aja plastiknya.. lebih murah jauh.. kendala teratasi

kendala ke dua, gue gk tau berapa mahal duit tinta, jadi gw asal bikin harga..

kendala ke tiga.. ini si tempat stationery fotocopy laminating yang sering gw kunjungin cari ribut, pertama nya laminatin satu halaman 10.000, okelah, terus gw beli plastiknya aja katanya boleh, 3000 aja.. eh baru hari ini gw kesana lagi tiba tiba dibilang gak boleh beli plastiknya doang, kalau mau harganya sama kayak laminating biasa, pas ditanya, laminating biasa berapa duit, katanya 6000!!! apaan woyy!! gue yang tadinya kira cuma 3000 akhirnya cuma bawa 5000. dengan sedikit acting disana sini, gue pasang muka sedikit memelas, dan bilang.. "... gak bisa 5000 aja ya? ... saya cuma bawa 5000..."

dan dengan bumbu belas kasihan dari mba tempat tersebut dia bilang: "yauda deh, gapapa, sebenernya gak boleh plastiknya doang..."

Makasih mba..
eniwei, kalau gue masih ada niat buat melanjutkan usaha ini, mungkin gue bakal tetep lanjutin.. harga 5000.. gue baru nyelesain bbrp pesenan dan tiba tiba ada pesenan menyerbu lagi...
apa apaan.. disatu sisi gue seneng, di sisi lain otak gue mulai memperhitungkan untung rugi yang gue terima.. kayaknya gue gak cocok jadi wiraswasta..

coba gue jual ini ke anak sd, pasti gue tipu setengah mampus, gw bikin aja ukurannya 5x5cm, harganya 10.000 #penipuanbanget

gue masih ada 4 pesenan terakhir, sdangkan, plastik laminating gue tinggal 1/2.. doakan gue 4 pesenan terakhir ini masih muat.. amin..

dan lagi, sebenernya usaha ini sedikit menyita stamina gue, gue ngabisin sekitar 1 jam-an didepan laptop coret coret buat menghasilkan 1 pesenan, dan mesti naek sepeda kurang lebih 15menit buat beli plastik laminating.. belom lagi kayak waktu itu tanggal 1 januari gue ke tempat stationery tersebut, pas nyampe... toko tersebut tutup.. naiss,,,

jadi gue kembali berpikir.. kayaknya enak nih kalo gw bikinnya kayak comission di deviantart aja.. jadi kayak kirim email gitu aja, tapi dapet duit bok, gue sampe nganga liat di deviantArt banyak yang gambar bagus bagus terus jualnya gak di print gak diapain.. sampe ada yang 25 USD :O 250.000an WOOYYYY... gw bikin 50 pesenan baru dapet segitu!!! dia dapet segitu cuma dengan satu gambar!! YA AMPYUN.

oke gue akui gambarnya juga bagus.. gambar gue kan cuma sekedar coret coretan hasil buah kebosanan, dan kalau ini yang sampe 250.000 ini kan suatu buah dari sejuta kesabaran dan keniatan yang membuahkan karya seharga 250.000 ini..

baru gw browsing ke satu d.A orang.. ternyata dia bikin gambar yang full body dengan bacgkground, kurang lebih antara 720.000 sampe 1.800.000 

AHHHHH!!! dia uda menjual kurang lebih 5 gambar dengan harga kurang lebih 720.000 berarti.. ah itung sendiri, mumet.. #bilangAjamales


eniwei, keputusan gue sepertinya uda bulet sebulet matahari, setelah gue nyelasin smw pesenan gue gulung tiker, hho .. lagian gw sok-sokan juga sih, gambar masih amatir banget uda sok sokan mau jualin, mungut duit dari temen... 

liat san, diluar sana... 1000 orang lebih jago dari pada lu, mereka secara suka rela mau gambarin buat temennya tanpa dibayar.. lihat san! pandangi! RENUNGKAN ITU!!

ah jaman udah berkembang, tanpa duit manusia gak bisa bertahan hidup.. walaupun gw masih ada yang bayarin.. 


eniwei, kalau masih ada yang tertarik /plak, gue gak buka yang di print laminating, gue buka via email, yang sekedar gak heboh heboh amat kayak yg perna gue kasih contoh sih paling 2000/3000 gitu, tp kl yg uda rada lebih niat.. 5000 ajahh..

akhir kata, gue gak bersungut sungut pada orang yang uda mesen dan promosiin usaha gue, gue justru bersyukur punya teman dan kenalan sebaik kalian yang mau beli coret coretan anak kecil yang gue jual... gue terharu :') *ngelap air mata*

kebaikkan kalian gak bakal gue lupain.. tsahh

dan maafkan daku kalau hasilnya tidak memuaskan, gue juga manusia.. uups.. bukan yeh, seperti di posting gw sebelumnya..

gue mahluk hidup juga yang bisa melakukan kesalahan, ampuni daku..

Daku udah berani beraninya ngejual sesuatu yang daku sendiri pun belum jago, dan maen mungut biaya seenak jigong

 oya lebih baik kalian telusuri deviantart.com untuk menemukan 1001 orang yang menjanjikan hasil karya yang jauh lebih worth it untuk di beli :D

oke tanpa sadar entah posting ini buat apa gue post, cuma sekedar kemarahan sungut sungut gue karena harga laminating yang mahal, sungguh gue gak marah karena harga usaha gw yang murah, gue dendam sama tempat stationery yang gue kunjungi.. kalian jahat...

Jahat... jahatt!!

sekali lagi, gue ucapkan terimakasih buat yang uda mesen, dan buat yang uda baca posting gue ini sampe selese, gue gak tau kenapa kalian tetep baca padahal awal kalimat aja uda sesuatu banget.. gue terharu :') walupun gw juga gak yakin ada yang baca..


masa bodo

akhir dari akhir dari akhir kata, no offense eaaah :') *ngelap air mata lagi*

No comments:

Post a Comment